Selasa, 09 Maret 2010

5 Kunci Sukses dalam menghadapi Permasalahan Hidup

1. Siap
2. Ridho
3. Jangan mempersulit diri
4. Evaluasi diri
5. Pasrah kepada Allah SWT.

1. S i a p
Dalam menghadapi kehidupan ini kita dituntut untuk siap dalam menghadapi permasalahan apapun yang akan datang menimpa kepada kita, baik itu permasalahan yang akan membuat kita bahagia maupun permasalahan yang akan membuat kita sengsara dan menderita, karenanya kita harus siap menghadapinya karena semua permasalahan yang timbul bukan karena tiba2 dikarenakan semua sudah direncanakan oleh Allah SWT. tinggal kita manusia saja yang harus pinter menyikapinya adakalanya manusia yang karena tidak siap sampai mati2 memperjuangkannya misalnya Allah mengasih kita jabatan karena masa waktu jabatan memang sudah berakhir maka seharusnya kita sebagai manusia harus seap untuk itu kita lepaskan jabatan itu toh sebelumnya kita juga bukan pejabat kita jalani saja dengan alami tidak malah stress terus mencari cara bagaimana sebaiknya jabatan itu agar tetap dapat melekat pada diri kita, niah itu yang dinamakan kita tidak pernah siap menghadapi masalah.

2. Ridho
Kita harus ridho dengan semua permasalahan yang ditimpakan terhadap diri kita karena semuanya juga Allah SWT. yang telah mengaturnya, asalkan kita selalu Ridho insyaallah tidak akan menimbulkan masalah baru dalam menyelesaikan permasalahan, Seperti halnya kasus jabatan diatas asal kita ridho nggak ada masalah karena semua sudah berjalan semestinya seperti contohnya kita bermain golf di padang golf, entah apa penyebabnya tiba2 bola golf mampir dimuka kita kalau dipikir lapangan golf sebegitu besarnya kenapa harus mendarat dimuka kita, apa iya kita harus memaki2 yang memukul bola....? apa iya kita juga tidak ikut bersalah ......? lalu kenapa kita harus ada dilapangan golf....? Nah hal tersebut asal kita cermati dan kita tetap ridho insyaallah tidak ada masalah yang timbul, karena kalau kita mau menolak toh nggak bisa karena bola golf sudah mendarat dimuka kita mau kita ulangi untuk tidak kena bola golfpun tidak bisa karena manusia tidak diberi kekuasaan mengembalikan masa lalu, jadi yang bisa kita lakukan kita Ridho saja dengan apa yang menimpa pada kita.

3. Jangan mempersulit diri
Kita dianjurkan untuk melakukan hal diatas sebagaimana item 1 dan 2, dengan menerima apa adanya dan tidak didramatisir dan dibuat2 sehingga akan menyulitkan diri kita sendiri nantinya, Seperti halnya kasus diatas kalau kita siap dan ridho selesai sudah permasalahan paling lama 1 - 2 minggu sudah sembuh seperti semula, akan halnya kalau kita tidak siap dan ridho kita permasalahkan hal yang menimpa kita, misalkan kita caci maki si pemukul bola golf kita meja hijaukan dia karena ketidak termiaan kita, apa iya sipemukul bola golf tadi menerima ketidak terimaan kita ...? Apa iya dia tidak ada upaya untuk menghentikan tindakan kita...? Nah kalau hal seperti ini dibikin panjang maka akan panjang menguras energi dn materi hal yang harusnya bisa tuntas dalam waktu 1 - 2 minggu akan menyusahkan diri kita kalau kita membikin sulit permasalahan kita sendiri mungkin akan selesai 1 - 2 bulan atau 1 - 2 tahun bahkan kalau saling tidak puas bisa berlanjut terus, ini namanya kita mempersulit diri kita sendiri, Kalau bisa dipermudah kenapa harus dibikin sulit itu mungkin perkataan  yang lagi tren sekarang .

4. Evaluasi Diri
Kita harus sadar dan mengevaluasi hal-hal apa yang telah terjadi pada diri kita supaya kita mendapat kepuasan dengan apa yang telah kita jalani, Karena semua yang terjadi didunia ini bukan karena tiba2 melainkan semua yang terjadi sudah digariskan oleh Allah SWT. maka dengan demikian kita akan sadar betul bahwa kita sebagai umat manusia ini ibarat wayang semuanya terserah dalangnya mau dibikin tayang kita ada mau dibikin tidur kita dimasukkan ke kotak.

5. Pasrah kepada Allah SWT.
Kalau semua sudah kita jalani dari item 1 sampai dengan 4 sudah kita laksanakan dan pada diri kita sama sekali tidak terdapat perubahan akan hal yang kita terima minimal agak meringankan beban hati kita, maka kita dianjurkan untuk tetap tabah dan tawakal kepada Allah SWT., kita pasrahkan semuanya kepada Allah SWT yang menghidupkan kita dan yang akan mematikan kita karena semua Allah SWT yang berkehendak maka kita tinggal menjalaninya saja

Demikian rangkuman dari 5 pokok jalan sukses menghadapi hidup  yang penulis olah sendiri dari ceramah Abdullah Gymnastiar pada Maulid Nabi SAW di Grha Angkasa Pura I tanggal 8/3/2010 semoga dapat menjadi cerminan diri dari penulis khususnya dan bagi semua yang berkenan membacanya  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar