Senin, 12 Oktober 2015

RITUAL PEMAKAMAN YANG ANEH

Banyak hal-hal unik yang ada di dunia ini, termasuk budaya, adat, atau ritual-ritual tertentu yang dianggap oleh sebagian orang sebagai sesuatu yang harus dipertahankan dan dilestarikan. Salah satunya adalah kepercayaan orang Persia Kuno yang disebut dengan Zoroastrianisme, yang juga merupakan ajaran Zarathustra dalam bahasa Yunani disebut Zoroaster.

Dilansir dari Kapanlagi, banyak orang mengenal ajaran ini untuk mereka yang menyembah api pada masa kuno. Hingga hari ini kepercayaan ini masih tetap ada. Karena sudah menjadi kepercayaan, mereka yang menganut ajaran ini tak peduli dengan apa yang dikatakan oleh banyak orang dengan kepercayaan mereka, karena mereka tetap akan mempertahankan ajaran para leluhurnya.

Seperti halnya ajaran agama yang kita yakini, demikian pula dengan Zoroaster yang kian hari makin menyebar di dunia. Tak heran jika akan mudah menemui kepercayaan ini di kota-kota besar di dunia seperti London, New York, Chicago, Boston dan Los Angeles dan telah hidup berbaur dengan kaum dan komunitas agama lain.

Setiap kepercayaan tentu memiliki ajaran dan ritual yang harus terus mereka jaga, begitu juga dengan Zoroaster. Salah satunya adalah tata cara pemakaman yang berbeda dengan yang selama ini. Jenasah penganut ajaran ini bukan dimakamkan dengan dikubur atau dikremasi seperti yang kebanyakan kepercayaan lain lakukan.

Kepercayaan ini memiliki sebuah bangunan yang berbentuk menyerupai sebuah sumur besar dan terbuka untuk meletakkan jenasah orang yang sudah meninggal di bagian atasnya. Berbeda dengan ritual Trunyan yang ada di Bali, mereka akan membiarkan jenasah ini dimakan oleh burung pemakan bangkai dan gagak hingga hanya bersisa tulang belulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar