Minggu, 14 Juli 2013

ATASI SEMBELIT SAAT PUASA DENGAN BUAH NANAS DAN APEL

Sabarudin Achmad Blogspot
Jakarta,15/07/2013

Jakarta - Puasa bisa menjadi momen untuk detoks tubuh, Masalah umum yang dialami adalah sembelit. Ini karena asupan serat dari buah dan sayuran berkurang. Namun, dengan konsumsi buah-buahan tertentu sembelit bisa diatasi.

Sembelit bisa mengganggu sistem pencernaan apalagi bila sedang berpuasa. Gangguan ini bisa berakibat turunnya sistem kekebalan tubuh. Konsumsi buah-buahan ini saat sahur dan buka bisa mengatasi sembelit berlanjut.

1. Pir
Pir yang disantap bersama kulitnya menjadi sumber terbaik serat dan vitamin C. Serat yang ada dalam pir kebanyakan adalah serat tidak larut yang secara efektif dapat mengatasi sembelit.



 2. Pisang
Untuk tambahan energi sekaligus mengatasi masalah BAB, konsumsi pisang yang sudah matang. Pisang kaya protein dan serat. Namun, jangan memakan pisang mentah, karena bisa menyebabkan kesulitan BAB.

3. Apel
Selain bisa dikonsumsi langsung, jus apel juga dikenal mempunyai manfaat meredakan sembelit. Sama seperti pisang, kehadiran senyawa pectin dalam jumlah tinggi membantu pergerakan usus.

 4. Nanas
Kandungan bromelain dalam nanas bekerja untuk menetralisir cairan dalam tubuh supaya tidak terlalu asam. Selain itu, juga mampu mengatur sekresi dalam pankreas untuk menjaga kesehatan pencernaan.
Diambil dari detikFood

Tidak ada komentar:

Posting Komentar