Senin, 09 Oktober 2017

KOPI DAN TEH BAIK UNTUK WANITA PENDERITA DIABETES


Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Kopi dan teh ternyata punya efek baik bagi penderita diabetes, khususnya wanita. Sebuah studi menunjukkan minum kopi atau teh secara teratur bisa menurunkan risiko kematian pada wanita penderita diabetes.

Dilansir dari The IndianExpress (14/9), sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui peran kafein terhadap kematian penderita diabetes. Peneliti dari Universitas Porto di Portugal mencoba mencari tahu hubungan antara berbagai tingkat asupan kafein dan kematian. Ada lebih dari 3.000 partisipan pria dan wanita pengidap diabetes dari tahun 1999 sampai 2010 yang terlibat dalam penelitian.

Kopi dan Teh Baik untuk Wanita Penderita Diabetes, Ini Kesimpulan StudinyaFoto: Thinkstock


Peserta melaporkan asupan kafein mereka dari kopi, teh, dan minuman ringan melalui wawancara terstruktur. Ini dilakukan untuk menilai asupan secara akurat selama 24 jam sebelumnya.

Selama 11 tahun penelitian, 618 orang dinyatakan meninggal. Namun para periset menemukan bahwa wanita dengan diabetes yang mengonsumsi kafein hingga 100mg per hari, 51% lebih kecil kemungkinan meninggal. Daripada mereka yang tidak mengonsumsi kafein.

Sedangkan wanita yang mengonsumsi 100-200mg kafein per hari memiliki risiko kematian 57% lebih rendah dibandingkan yang mengonsumsinya. Untuk mereka yang mengonsumsi lebih dari 200mg per hari (2 cangkir kopi biasa) penurunan risiko kematian adalah 66%. Meski begitu, tidak ada efek menguntungkan dari konsumsi kafein yang tercatat pada pria dengan diabetes.

Baca juga: Jika Minum Minimal Dua Cangkir Kopi Sehari Bisa Kurangi Risiko Kanker Hati

Disisi lain, ada penurunan angka kematian terkait kanker di kalangan wanita yang mengonsumsi lebih banyak kafein dari teh.

Ketika dibagi menjadi empat kelompok konsumsi teh (nol, rendah, sedang, tinggi), kafein yang tinggi dari penikmat teh memiliki 80% penurunan risiko kanker. Dibandingkan dengan wanita dengan konsumsi kafein nol dari teh.

Kopi dan Teh Baik untuk Wanita Penderita Diabetes, Ini Kesimpulan StudinyaFoto: Thinkstock


Namun, karena konsumsi teh secara keseluruhan rendah dalam penelitian ini, hasilnya harus ditafsirkan dengan hati-hati. Sehingga memerlukan konfirmasi dalam penelitian yang lebih besar, kata periset.

Mereka juga mengatakan, "Studi kami menunjukkan efek perlindungan tergantung dosis dari konsumsi kafein terhadap semua penyebab kematian di kalangan wanita. Efek pada kematian tampaknya bergantung pada sumber kafein, dengan efek perlindungan dari konsumsi kopi pada semua penyebab kematian dan kematian kardiovaskular, dan efek perlindungan kafein dari teh terhadap kematian akibat kanker di kalangan wanita dengan diabetes." (msa/odi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar