Rabu, 12 Oktober 2016

DARIPADA MENELAN ASPIRIN MINUM JAHE LEBIH MENYEHATKAN

Annisa Trimirasti - detikFood
Daripada Menelan Aspirin, Lebih Sehat Minum Wedang Jahe  
Foto: Getty Images
 
Masuk angin, kepala pusing orang lebih sering menelan aspirin. Padahal jahe bisa jadi obat alami yang manjur.

Aspirin direkomendasikan dokter untuk obat sakit kepala hingga cegah penyakit jantung. Karena berupa obat kimiawi, aspirin aman dikonsumsi tapi tetap ada risikonya.

Risiko utamanya bisa berupa pendarahan berlebihan. Kegagalan ginjal, maag, tinitus juga bisa terjadi jika terlalu banyak dikonsumsi.


Daripada Menelan Aspirin, Lebih Sehat Minum Wedang Jahe

Seperti dikutip dari naturalhealth365.com (23/9/16), menurut Al Sears, MD, dokter medis, jahe yang selama ini dipercaya sebagai obat sakit perut, juga bagus untuk jantung. Makan sedikit jahe setiap hari dapat lebih menyehatkan jantung.

Jahe mengandung 12 senyawa antioksidan yang lebih kuat dari vitamin E. Antioksidan melawan radikal bebas dalam tubuh dan flavonoid, tipe antioksidan yang ditemukan di dalam jahe bagus untuk jantung.

Sebuah studi terhadap 1400 orang menguji asupan flavonoid. Ditemukan, laki-laki dengan asupan flavonoid terkecil punya diameter arteri karotid terburuk sehingga berisiko tertinggi sakit jantung.

Studi lain dilakukan pada 40 peserta yang terbagi dalam 2 grup, sehat dan dengan riwayat arteri koroner. Satu kelompok mengonsumsi 5 g bubuk jahe per hari dan lainnya menerima plasebo.

Daripada Menelan Aspirin, Lebih Sehat Minum Wedang Jahe

Setelah 4 minggu, oksidasi menurun sampai 18% pada grup sehat dan 23% pada grup dengan riwayat sakit jantung.

Seperti aspirin, jahe bekerja sebagai pengencer darah, mencegah pembekuan dan pengentalan yang sebabkan serangan jantung atau stroke.

Jahe juga bersifat anti-radang dan bekerja seperti aspirin. Menghalangi COX-2, enzim penyebab peradangan. Radang merupakan penyebab utama penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Anda bisa coba suplemen jahe. Pilih pil dengan 5% gingerol. Pil ini dijual online atau di apotik. Disarankan, mulai dengan dosis 100 mg per hari.

Atau, campur dalam makanan sebagai bumbu dapur. Jahe punya rasa khas yang membuat sajian daging, sayuran lebih lezat. Cukup tambahkan sedikit jahe parut.

Daripada Menelan Aspirin, Lebih Sehat Minum Wedang Jahe

Atau buat wedang jahe. Caranya mudah, cukup rebus 0,5-1 liter air, kupas kira-kira 5 cm jahe dan iris tipis, masukkan irisan jahe ke dalam air mendidih. Tutup dan kecilkan api dan tunggu 15-20 menit. Terakhir, saring air jahe. Tambahan madu dan air jeruk lemon akan membuatnya lebih nikmat.

Jahe alami dan aman dikonsumsi, namun karena sifatnya mengencerkan darah dan jika sedang mengonsumsi obat lain, konsultasilah ke dokter lebih dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar