Kamis, 03 Desember 2015

JIKA JATUH DUDUK DAN BERASA NYERI LAKUKAN HAL INI

Nurvita Indarini - detikHealth
Jumat, 04/12/2015 13:00 WIB
Lakukan Hal Ini Ketika Nyeri Tulang Ekor karena Jatuh TerdudukFoto: Thinkstock
Jakarta, Sedang asyik-asyik olahraga, misalnya futsal, tiba-tiba saja terpeleset atau terdorong hingga jatuh terduduk. Duh, sakit sekali ya tulang ekornya. Jika ini Anda alami, apa yang harus dilakukan?

"Hindari lama duduk, terutama hindari duduk di permukaan yang keras," saran spesialis orthopaedi dan traumatologi dari Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, dr Andri Primadhi, SpOT, dalam perbincangan dengan detikHealth, dan ditulis pada Jumat (4/12/2015).

Jika sudah menemukan bidang yang cukup empuk, misalnya bantal, duduklah bergantian pada masing-masing sisi bokong. Perhatikan posisi duduk, lebih baik condong ke arah depan untuk mengurangi tekanan pada tulang ekor.

"Bisa juga gunakan bantal yang berlubang di tengah seperti donat," sambung dr Andri.

Selanjutnya, kompres dengan es di daerah yang terasa nyeri. Selain karena cedera olahraga, nyeri tulang ekor bisa terjadi akibat proses melahirkan, atau duduk di permukaan keras dalam waktu lama.

"Namun bila keluhan berulang, periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab masalahnya, misalnya retak tulang, dislokasi, bahkan bisa tumor atau infeksi," ucap dr Andri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar