Selasa, 02 Oktober 2012

MOBIL-MOBIL BERBAJU BATIK

1. Avanza Batik

detikOto Avanza batik ini merupakan ide modifikasi dokter muda Hanggara Rachmabrata. Mobil dimodifikasi dengan batik karena teringat dengan rumah sang nenek.

"Sebenarnya ketika membuat mobil ini saya ingin nostagia dengan rumah nenek saya di Jogja," ujarnya pada detikOto beberapa waktu lalu.

Hanggara lalu bercerita bahwa mobilnya ini adalah mobil Toyota Avanza lansiran tahun 2006.

Karena temanya adalah batik yang menurut Hanggara dia namakan 'Indonesia Elegan', Hanggara lalu menjelaskan bahwa di eksterior tidak banyak dia sentuh selain aplikasi body kit dan keramaian pola batik dengan sosok arjunanya.

Sementara di bagian dalam, nuansa Jawa makin kental. Di bagian depan, doortrim sudah dilapisi kulit berwarna marun yang dipadukan dengan kain batik. "Polanya 'parang rusak'pola batik kraton," jelas Hanggara.

Pemilihan motif 'parang rusak' pun ternyata punya alasan tersendiri. Karena, motif ini dianggap kuat sekali. "Ini motif kraton, kebetulan saya punya darah HB III (Sri Sultan Hamengkubuwono III)," aku Hanggara malu-malu.

Selanjutnya, pola batik senada juga tampak dominan di lapisan kain yang membungkus jok mobil Jepang tersebut. Uniknya, di bagian tengah jok, ada ukiran sosok arjuna sedang memegang panah yang dipahat dari kulit kambing asli.

Sebagai gantinya, tempat jok baris kedua yang juga menjadi pembatas antara pengemudi dan penumpang belakang diberi televisi layar datar berukuran 22 inchi.

Di televisi yang diletakkan di meja kayu ini, penumpangnya dapat menikmati permainan PlayStation sambil duduk di jok berlapis batik dan kulit kambing asli berukiran. Nuansa pun semakin kuat berkat beberapa ornamen pewayangan di beberapa sudut kabin.

"Modalnya sekitar Rp 40 juta. Semua material saya pesan langsung dari pengrajin. Batik langsung dari pengrajin, ukiran kulit itu dari kulit kambing asli juga yang saya pesan dari pengrajin untuk diukir. Sebenarnya, setir juga pakai setir kayu yang sudah diukir, tapi sekarang baru setengah jadi, sebentar lagi selesai," pungkasnya.

2. Honda Accord batik


Anak muda lahiran Solo juga tak mau kalah. Doni Putra dengan bangganya menunjukan hasil kreasi batiknya di Honda Accord kelahiran 1995.

Batiknya model batik Projo asal Solo. Motif batik terlihat sangat dominan di sekucur tubuh mobil asal Jepang itu mulai dari depan, tengah, belakang hingga ke kabin penumpang.

Bagaimana cara pasangnya? Tidak dengan cutting stiker dan airbrus. Doni hanya menggunakan lem fox. Doni mengaku tidak ada kesulitan menempelkan barik ke bodi.

"Yang sulit itu hanya membuat pola. Harus benar-benar teliti. Dan itu saya kerjakan bersama team," ujarnya.

Di samping itu karena mobil tersebut untuk daily use, Doni tak banyak mengubah lekukan tubuh Accord bahkan ke kaki-kaki. Untuk suspensi hanya menggunakan suspensi after market yang banyak beredar di toko sparepart.

Untuk peleknya bujang penghobi olahraga biliar ini menyematkan pelek autospeed ring 18 yang dibalut dengan ban accelera depan dan belakang. Sedangkan untuk urusan audio, Doni mempercayai seperangkat audi seperti subwofer menggunakan diamond, unit poineer yang terintegrasi dengan power acoutic.

Secara keceluruhan, dana yang dikucurkan Doni sebesar Rp 6,5 juta dengan lama pengerjaan 3 minggu.

3. smart Punya VJ Daniel


VJ Daniel juga tak mau kalah. Di mobil smart fortwo-nya dia tempeli motif Urban Batik dan Archipelago Camouflage. Tidak ada mobil smart berdesain seperti ini di seluruh dunia. Sebab desain ini memang dibuat khusus untuk Indonesia.

Untuk membuat edisi terbatas mobil mungil ini, Daimler AG yang merupakan prinsipal mobil smart bekerja sama dengan produsen fashion DAMN! I LOVE INDONESIA.

4. Mercy Batik ala Piyu Padi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar