Selasa, 20 Desember 2016

NAMA ISTRI – ISTRI NABI MUHAMMAD SAW


 Gambar Kartun Cewek Cantik Berjilbab Gadis Cantik Berhijab Foto Wanita Muslimah Cantik


1. SITI KHADIJAH: Nabi mengawini Khadijah ketika Nabi masih berumur 25 tahun, sedangkan Khadijah sudah berumur 40 tahun. Khadijah sebelumnya sudah menikah 2 kali sebelum menikah dengan Nabi SAW. Suami pertama Khadijah adalah Aby Haleh Al Tamimy dan suami keduanya adalah Oteaq Almakzomy, keduanya sudah meninggal sehingga menyebabkan Khadijah menjadi janda. Lima belas tahun setelah menikah dengan Khadijah, Nabi Muhammad SAW pun diangkat menjadi Nabi, yaitu pada umur 40 tahun. Khadijah meninggal pada tahun 621 A.D, dimana tahun itu bertepatan dengan Mi’raj nya Nabi Muhammad SAW ke Surga. Nabi SAW sangatlah mencintai Khadijah. Sehingga hanya setelah sepeninggalnya Khadijah lah Nabi SAW baru mau menikahi wanita lain.


2. SAWDA BINT ZAM’A: Suami pertamanya adalah Al Sakran Ibn Omro Ibn Abed Shamz, yang meninggal beberapa hari setelah kembali dari Ethiophia. Umur Sawda Bint Zam’a sudah 65 tahun, tua, miskin dan tidak ada yang mengurusinya. Inilah sebabnya kenapa Nabi SAW menikahinya.

3. AISHA SIDDIQA: Seorang perempuan bernama Kholeah Bint Hakeem menyarankan agar Nabi SAW mengawini Aisha, putri dari Abu Bakrs, dengan tujuan agar mendekatkan hubungan dengan keluarga Abu Bakr. Waktu itu Aishah sudah bertunangan dengan Jober Ibn Al Moteam Ibn Oday, yang pada saat itu adalah seorang Non-Muslim. Orang-orang di Makkah tidaklah keberatan dengan perkawinan Aishah, karena walaupun masih muda, tapi sudah cukup dewasa untuk mengerti tentang tanggung jawab didalam sebuah perkawinan. Nabi Muhammad SAW bertunangan dulu selama 2 tahun dengan Aishah sebelum kemudian mengawininya. Dan bapaknya Aishah, Abu Bakr pun kemudian menjadi khalifah pertama setelah Nabi SAW meninggal.

4. HAFSAH BINT UMAR: Hafsah adalah putri dari Umar, khalifah ke dua. Pada mulanya, Umar meminta Usman mengawini anaknya, Hafsah. Tapi Usman menolak karena istrinya baru saja meninggal dan dia belum mau kawin lagi. Umar pun pergi menemui Abu Bakar yang juga menolak untuk mengawini Hafsah. Akhirnya Umar pun mengadu kepada nabi bahwa Usman dan Abu Bakar tidak mau menikahi anaknya. Nabi SAW pun berkata pada Umar bahwa anaknya akan menikah demikian juga Usman akan kawin lagi. Akhirnya, Usman mengawini putri Nabi SAW yiatu Umi Kaltsum, dan Hafsah sendiri kawin dengan Nabi SAW. Hal ini membuat Usman dan Umar gembira.

5. ZAINAB BINT KHUZAYMA: Suaminya meninggal pada perang UHUD, meninggalkan dia yang miskin dengan beberapa orang anak. Dia sudah tua ketika nabi SAW mengawininya. Dia meninggal 3 bulan setelah perkawinan yaitu pada tahun 625 A.D.

6. SALAMA BINT UMAYYA: Suaminya, Abud Allah Abud Al Assad Ibn Al Mogherab, meninggal dunia, sehingga meninggalkan dia dan anak-anaknya dalam keadaan miskin. Dia saat itu berumur 65 tahun. Abu Bakar dan beberapa sahabat lainnya meminta dia mengawini nya, tapi karena sangat cintanya dia pada suaminya, dia menolak. Baru setelah Nabi Muhammad SAW mengawininya dan merawat anak-anaknya, dia bersedia.

7. ZAYNAB BINT JAHSH: Dia adalah putri Bibinya Nabi Muhammad SAW, Umamah binti Abdul Muthalib. Pada awalnya Nabi Muhammad SAW sudah mengatur agar Zaynab mengawini Zayed Ibn Hereathah Al Kalby. Tapi perkawinan ini kandas ndak lama, dan Nabi menerima wahyu bahwa jika mereka bercerai nabi mesti mengawini Zaynab (surat 33:37).

8. JUAYRIYA BINT AL-HARITH: Suami pertamanya adalah Masafeah Ibn Safuan. Nabi Muhammad SAW menghendaki agar kelompok dari Juayreah (Bani Al Mostalaq) masuk Islam. Juayreah menjadi tahanan ketika Islam menang pada perang Al-Mustalaq (Battle of Al-Mustalaq). Bapak Juayreyah datang pada Nabi SAW dan memberikan uang sebagai penebus anaknya, Juayreyah. Nabi SAW pun meminta sang Bapak agar membiarkan Juayreayah untuk memilih. Ketika diberi hak untuk memilih, Juayreyah menyatakan ingin masuk islam dan menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah yang terakhir. Akhirnya Nabi pun mengawininya, dan Bani Almustalaq pun masuk islam.

9. SAFIYYA BINT HUYAYY: Dia adalah dari kelompok Jahudi Bani Nadir. Dia sudah menikah dua kali sebelumnya, dan kemudian menikahi Nabi SAW.
Gerombolan anti-Islam kerap menyerang nabi Muhammad saw dikarenakan perkawinannya dengan bunda Safiyyah ra. Mereka mengklaim sang Nabi begitu brutal dan jahat dalam perkawinannya dengan bunda Safiyyah ra. Artikel ini bukan sebuah biographi bunda Safiyyah ra. Tapi artikel ini, semata-mata ingin menunjukkan bahwa sama sekali tidak ada kesalahan perihal perkawinan antara nabi saw dan bunda Safiyyah ra. Tujuan artikel ini guna memberikan bukti dan sumber yang Insya Allah berguna bagi para Muslim. Jika Muslim membaca situs anti-Islam yang mengkritik perkawinan nabi Muhammad saw dengan Safiyah ra, maka kalian akan menemukan bahan-bahan yang berguna didalam artikel. Saya telah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang berbeda dan telah kami kutip secara layak.
Artikel ini terbagi menjadi beberapa seksi:
*Sikap dan perlakuan Safiyyah (ra) terhadap Nabi (saw).
*Karakter Safiyyah.
*Perkawinan sang Nabi dengan Safiyyah dan maknanya
*Sikap dan perlakukan Nabi Muhammad (saw) terhadap Safiyyah (ra)
Sikap dan perlakuan Safiyyah (ra) terhadap Nabi (saw).
Sang Nabi mengakui ketulusan dan kejujuran dari bunda Safiyyah dan sungguh itu adalah pengakuan yang besar di karenakan datang dari pribadi terjujur di muka bumi, yaitu sang Nabi saw. Zayd ibn Aslam berkata, tatkala Rasulullah (saw) sakit dan mendekati ajalnya, isteri-isterinya berkumpul mengelilinginya. Safiyyah binti Huyayyay berkata : “O Rasulullah, alangkah baiknya jika sayalah yang menanggung apa yang tuan tanggung ini!”. Para isteri Rasulullah (saw) yang lain mengerdipkan matanya, mengejek. Rasulullah yang melihat itu menegur, “Hentikan semua itu!”. Mereka bertanya, “Apakah itu, ya Rasulullah?”. “Ejek cemooh kalian! Demi Allah! Safiyyah berkata sejujurnya”. (Ibn Sa’d, Tabaqat, vol.8, p.101, Cited in Muhammad Fathi Mus’ad, The Wives of the Prophet Muhammad: Their Strives and Their Lives, p.175)
Kisah diatas memperlihatkan betapa dalamnya cinta Safiyyah kepada Nabi Muhammad.
Ini adalah momen di mana Rasulullah saw meminta maaf kepada Safiyyah ra, di karenakan ia (saw) telah membunuh ayahnya dan mantan suaminya. Nabi saw menghaturkan maaf dengan berkata, “Ayahmu menghasut dan memerintahkan orang-orang Arab untuk melawanku dan melakukan tindakan-tindakan pengkhianatan, “permohonan maaf yang dalam dari nabi saw itulah kemudian membuat bunda Safiyyah menghilangkan kepahitannya terhadap nabi saw” (Al-Bayhaqi, Dala’il an-Nubuwwah, vol. 4, p. 230, Cited in Muhammad Fathi Mus’ad, The Wives of the Prophet Muhammad: Their Strives and Their Lives, p.166)
Memang benar bunda Safiyyah ra marah kepada nabi saw pada awalnya namun kemudian ia memaafkannya. Dan ini adalah fakta bahwa ia (ra) selalu mengetahui bahwa Muhammad saw adalah seorang Nabi.
Saffiyah (ra) berkata. “Aku adalah anak kesayangan ayah dan pamanku. Di kala Rasulullah (saw) datang ke Madinah dan menetap di Quba, kedua orang tuaku mendatanginya di waktu malam dan di saat mereka melihat sampai gelisah dan capek. Aku mendatangi mereka dengan sangat gembira, tapi sangat mengejutkan mereka tidak berpaling kearah ku. Mereka begitu berduka sehingga tidak sadar dengan kehadiranku. Aku mendengar pamanku, Abu Yasir, berkata kepada ayahku, ‘Apakah benar dia?’ dia berkata, ‘Iya, demi Allah!’. Pamanku berkata: ‘Dapatkah kamu mengenalinya dan memastikannya?’ Ayahku berkata, ‘Iya’. Pamanku berkata, ‘Bagaimana perasaanmu terhadapnya?’ Ayahku berkata, ‘Demi Allah aku akan menjadi musuhnya selama aku hidup.’ (Ibn Hisham, As-Sirah an-Nabawiyyah, vol. 2, pp. 257-258, Cited in Muhammad Fathi Mus’ad, The Wives of the Prophet Muhammad: Their Strives and Their Lives, p.162)
Kisah diatas menggambarkan intelektual dan kesadaran Safiyyah akan nabian Muhammad saw. Dan kisah itu, juga menunjukkan kepada kita bahwa kaum Yahudi telah mengetahui kenabian Muhammad saw, dan mereka juga mengenali nabi seperti mereka mengenal anak-anak mereka sendiri. Namun begitu mereka menyembunyikan perasaan benci dan pahit terhadap Islam dan terhadap nabi saw. Kisah tersebut sebagai tambahan, yang menunjukkan permusuhan besar dan kebencian yang Huyyayy rasakan terhadap nabi saw. Safiyyah tidak mewariskan sifat permusuhan ayahnya, karena Allah telah membuat hatinya siap untuk Islam pula hatinya untuk beriman. (Muhammad Fathi Mus’ad, The Wives of the Prophet Muhammad: Their Strives and Their Lives, p.162-163)
kisah lebih lanjut dari kisah ini adalah….di ambil dari :
http://www.geocities.com/mutmainaa1/people/safiyah.html
Inti dari pembicaraan ini adalah sebagai bukti, bilamana kita mengingat bahwa didalam kitab Taurat Yahudi, tertulis bahwa seorang Nabi akan datang, dan akan memimpin orang-orang yang mengikutinya kepada kemenangan. Benar, sebelum kedatangan Nabi Muhammad (saw) ke Madinah, komunitas Yahudi biasa mengancam penyembah berhala Yastrib, seperti dalam perkataan; ‘kelak seorang Nabi akan datang kepada orang beriman dan akan membasmi kamu, seperti halnya moyang kami membasmi suku-suku lain yang menolak untuk menyembah Allah di waktu lalu’. Seperti halnya nabi Isa (as), yang telah jelas di cirikan di dalam kitab Taurat-tapi ditolak ketika Isa (as) benar-benar datang kepada mereka oleh kebanyakan orang Yahudi-setelahnya dan penutup para Nabi yang telah tepat di gambarkan di dalam Taurat, pula terdapat tanda-tanda yang mana mereka dengan mudah dapat mengenalinya. Karenanya Ka’b al-Ahbar, salah seorang Yahudi yang memeluk Islam saat itu, menghubungkan bahwa Nabi ini di nubuatkan di dalam kitab Taurat…
Untuk mengetahui lebih lanjut perihal Ka’b Al Ahbar silahkan berkunjung ke link ini
http://www.jews-for-allah.org/Jewish-Converts-to-Islam/kab-al-ahbar.htm
Kembali kepada artikel…
Syukur dan terima kasih kepada diskripsi yang termuat di dalam kitab Taurat, bahwa kebanyakan Rabbi yang terpelajar dari komunitas Yahudi, seperti Abdullah ibn Salam, memeluk Islam sewaktu melihat Muhammad (saw) dan pula di karenakan deskripsi ini Huyayy ibn Akhtab dapat mengenalinya (saw). Huyayy, seperti juga kebanyakan komunitas Yahudi lainnya, merasa sangat kecewa bahwa nabi terakhir adalah dari keturunan Ismail (as) bukan dari keturunan Ishak (as), di karenakan komunitas Yahudi disaat itu mengklaim sebagai keturunan eksklusif dari nabi Ishak as, melalui ke dua belas anak-anak dari Yakub (Israil) ibn Ishak (as), darinya nasab ke dua belas suku Israil bermula. Bukan hanya perasaan marah karena harus menerima kenyataan bahwa nabi terakhir berasal dari antara suku-suku Arab, tapi juga Huyayy tidak mau kehilangan kekuasaan dan kepemimpian atas rakyatnya.
Itulah sebab musabab kenapa Huyayy secara rahasia memutuskan untuk melawan dan memerangi nabi Muhammad…
Meskipun Safiyyah adalah anak perempuan Huyayy, namun ia (ra) mempunyai hati yang luhur dan selalu berkenaan untuk memuji Pencipta pula Tuhannya, Yang Ahad yang telah mengutus Musa (as) dan Harun (as), yang darinya ia (ra) bernasab, dan pula mengutus Isa (as), dan utusan terakhir Muhammad (saw), Shalat dan salam Allah semoga berlimpah atas mereka. Oleh karenanya, di saat kesempatan menghampirinya, bunda Safiyyah (ra) tidak hanya mengikuti nabi terakhir Allah SWT, tapi pula kesempatan menjadi isterinyapun di terimanya dengan ikhlas.
Safiyyah (ra) pindah kerumah Nabi (saw). Dia di cintai, di hargai dan di hormati secara tulus dan mendalam hingga membuatnya berkata, “Saya tidak pernah melihat pribadi luhur dan baik, seperti Rasulullah (saw). (Abu Ya’la al-Mawsili, Musnad, vol. 13, p. 38, Cited in Muhammad Fathi Mus’ad, The Wives of the Prophet Muhammad: Their Strives and Their Lives, p.172)
Karakter Safiyyah.
Abd Allah ibn Ubaydah berkata, “Sekelompok orang berkumpul di rumah Safiyyah, isteri Nabi saw. Mereka berzikir, melantunkan al-Qur’an dan bersujud. Safiyyah berkata kepada mereka, ‘Kalian bersujud dan melantunkan al-Qur’an namun di mana tangisanmu (out of fearing Allah)?” (Abu Nu’aym al Asbahani, Hilyat al-Awliya’, vol. 2, p. 55, Cited in Muhammad Fathi Mus’ad, The Wives of the Prophet Muhammad: Their Strives and Their Lives, p.177)
Kisah diatas menunjukkan betapa Safiyyah (ra) seorang Mukmi yang tulus.
Di kutip dari: http://www.geocities.com/mutmainaa1/people/safiyah.html
Ia (ra) mengalami kesulitan-kesulitan setelah kematian sang Nabi (saw). Satu hari seorang budak wanitanya pergi menemui Amir Al Muminin Umar (ra) dan berkata, “Amir al Muminin! Safiyyah (ra) mengangungkan hari Sabbath dan berkumpul beribadat bersama orang-orang Yahudi!” lalu Umar bertanya kepada Safiyyah (saw) perihal itu dan ia berkata, “Aku tidak lagi mengagungkan hari Sabbath semenjak Allah mengantikan hari Jum’at untuk ku, dan aku berkumpul dengan para Yahudi itu sebatas karena mereka adalah kerabatku.” Lalu dia bertanya kepada budaknya apa yang mempengaruhinya sehingga dia membawa kebohongan ini kepada Umar (ra) dan budak wanita itu menjawab, “Syaiton!” Safiyyah (ra) lalu berkata, “Pegilah, engkau telah bebas!”
Kisah diatas, sebagai bukti bahwa bunda Safiyyah tetap menjadi Muslim yang taat dan setia, sekalipun sang Nabi tidak lagi bersamanya.
Safiyyah memperlihatkan kehangatan dan hubungan yang simpatik didalam rumah tangga sang Nabi. Ia memberikan hadiah permata-permata kepada Fatimah az-Zahra sebagai ekspresi rasa sayangnya kepada Fatimah, pula ia memberikan kepada beberapa isteri Nabi hadiah permata yang ia bawa dari Khaybar. (Ibn Sa’d, Tabaqat, vol.8, p.100, Cited in Muhammad Fathi Mus’ad, The Wives of the Prophet Muhammad: Their Strives and Their Lives, p.172)
Safiyyah adalah hamba yang rendah hati dan Mukmin yang saleh. Mengenai Safiyyah ra ibn Kathir berkata, “Dia adalah salah seorang dari wanita-wanita terbaik dalam menyembah Allah, dalam kesalihannya, dalam tafakurnya, dalam keimanannya dan amalnya. (Ibn Kathir, Al-Bidayah wa an-Nihayah, vol. 8, p. 47, Cited in Muhammad Fathi Mus’ad, The Wives of the Prophet Muhammad: Their Strives and Their Lives, p.177)
Safiyyah (ra) adalah seorang yang amat pemurah pula baik hati. Ia biasa memberikan dan membelanjakan harta yang ia miliki semata-mata demi perjuangan di jalan Allah, bahkan ia pun memberikan rumahnya semasa ia hidup. (Ibn Sa’d, Tabaqat, vol. 8, p. 102, Cited in Muhammad Fathi Mus’ad, The Wives of the Prophet Muhammad: Their Strives and Their Lives, p.178)
Perkawinan sang Nabi dengan Safiyyah dan maknanya
Mengenai tuduhan para gerombolan yang di kenal Islamophobhia, bahwa Safiyyah (ra) di paksa kawin dan dizalimi, tuduhan tersebut sama sekali tidak berdasar. Kita sudah melihat diatas, bahwa Safiyyah (ra) tetap beriman dan setia kepada Rasulullah (saw) sampai wafatnya sang Nabi (saw). (An account of how Safiyyah’s loyalty was affirmed by the Prophet(P) himself is recorded in Muhammad Husayn Haykal, op. cit., p. 374)
Bahkan pada kenyataannya, Nabi Muhammad (saw) menawarkan kepadanya kebebasan, seperti terekam dalam:
Ia (saw) lalu mengatakan kepada Safiyyah (ra) bahwa ia siap untuk membebaskannya, dan memberikan pilihan kepadanya (ra), yakni tetap menjadi Yahudi dan kembali kepada kaumnya, atau memeluk Islam dan menjadi isteri beliau (saw). Safiyyah (ra) berkata; ‘Aku memilih Allah dan RasulNya,’ lantas menikahlah mereka pada (tempat) pemberhentian pertama dalam perjalanan pulang. (Martin Lings, Muhammad: His Life Based On The Earliest Sources (George Allen & Unwin, 1983), p. 269,)
Perkawinan beliau (saw) dengan Safiyyah (ra) juga mempunyai maksud politik, guna mengurangi rasa permusuhan dan memupuk aliansi dengan sekte-sekte Yahudi di sekitar Arab, khususnya Yastrib (Madinah). John L.Esposito mencatat bahwa:
Adalah sebuah kebiasaan politik bagi kepala-kepala tribal (suku) di Arab, banyak dari mereka melakukan perkawinan bersifat politik dengan maksud memupuk aliansi. Sebagian menikah dikarenakan adanya janda dari sahabatnya yang terbunuh dalam perang dan ada pula yang dikarenakan butuh perlindungan. (John L. Esposito, Islam: The Straight Path, pp. 19-20)
Arti penting dari pernikahan Nabi dengan Safiyyah (ra) adalah sebuah penghargaan besar baginya, tak hanya menjaga martabatnya (ra), namun juga mencegahnya untuk tidak dijadikan budak. Haykal mencatatnya:
Sang Nabi memberikan kepadanya kebebasan lalu menikahinya, mengikuti jejak penguasa besar yang menikahi anak wanita atau isteri dari raja-raja yang di taklukannya, sebagian dimaksudkan untuk meringankan penderitaan mereka sebagian untuk menjaga martabat mereka. (Muhammad Husayn Haykal, The Life of Muhammad (North American Trust Publications, 1976), p. 373)
Dengan menikahi Safiyyah (ra), Sang Nabi bertujuan untuk mengakhiri kebencian dan permusuhan orang-orang Yahudi terhadapnya dan terhadap Islam.( See Muhammad M. as-Sawwaf, Zawjat ar-Rasul at-Tahirat wa Hikmat T’adudihinn, pp. 76-79, Cited in Muhammad Fathi Mus’ad, The Wives of the Prophet Muhammad: Their Strives and Their Lives, p.168)
Perlakuan dan sikap sang Nabi terhadap Safiyyah.
Sungguh, di kala Bilal ibn Rabah (ra), seorang sahabat nabi saw, membawa Safiyyah (ra) bersama dengan beberapa wanita Yahudi lainnya ke hadapannya (saw) dengan melewati mayat-mayat orang Yahudi yang telah terbunuh. Muhammad secara pribadi mencaci Bilal dan berkata, “Tidak punya perasaan kah engkau, wahai Bilal, engkau membawa isteri-isteri berjalan melewati mayat suami-suami mereka?” (A. Guillaume (trans.), The Life of Muhammad: A translation of Ibn Ishaq’s Sirat Rasul Allah (Oxford University Press, 1978), p. 515)
Suatu saat, ketika Zaynab binti Jahsh dan Safiyyah pergi bersama Nabi dalam satu perjalanan dan unta Safiyyah jatuh sakit. Nabi berkata kepada Zaynab, “Unta Safiyyah (ra) jatuh sakit, bagaimana jika engkau memberikan kepadanya salah satu dari unta-untamu?” Zaynab berkata, “Tidak akan pernah aku memberikannya kepada wanita Yahudi”. Nabi Muhammad marah kepadanya dan tidak mendekatinya selama dua bulan. (Ahmad, vol. 6, pp. 336-337, Cited in Muhammad Fathi Mus’ad, The Wives of the Prophet Muhammad: Their Strives and Their Lives, p.173)
Setiap kali Safiyyah di cemoohkan karena darah Yahudinya. Sambil mengusap air mata Safiyyah datang mengadu, beliau saw mengajarinya untuk menjawab cemoohan itu, “Bagaimana kalian bisa lebih mulia dari pada saya padahal ayahku adalah Harun (as), sedangkan pamanku adalah Musa (as), dan suamiku adalah Muhammad (saw). (DR.Musthafa Mahmud, Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasalam, Sebuah Upaya Untuk Memahami SEJARAH RASULULLAH, Halaman 74 )
Nabi selalu memperlakukan Safiyyah dengan kesantuan, hormat, cinta kasih dan sayang. Safiyyah berkata, “Rasulullah pergi Haji bersama isteri-isterinya. Dalam perjalanannya unta ku roboh dan mati, di karenakan ia adalah unta terlemah diantara unta-unta yang lain lalu aku menangis. Sang Nabi mendatangi ku dan mengusap air mata ku dengan kain dan tangannya. Semakin ia memintaku untuk tidak menangis semakin menangislah aku. (Ahmad, vol.6, p. 337, Cited in Muhammad Fathi Mus’ad, The Wives of the Prophet Muhammad: Their Strives and Their Lives, p.176).

10. UMMU HABIBA BINT SUFYAN: Suami pertamanya adalah Aubed Allah Jahish. Dia adalah anak dari Bibi Rasulullah SAW. Aubed Allah meninggak di Ethiopia. Raja Ethiopia pun mengatur perkawinan dengan Nabi SAW. Dia sebenarnya menikah dengan nabi SAW pada 1 AH, tapi baru pada 7 A.H pindah dan tinggal bersama Nabi SAW di Madina, ketika nabi 60 tahun dan dia 35 tahun.

11. MAYMUNA BINT AL-HARITH: Dia masih berumur 36 tahun ketika menikah dengan Nabi Muhammad SAW yang sudah 60 tahun. Suami pertamanya adalah Abu Rahma Ibn Abed Alzey. Ketika Nabi SAW membuka Makkah di tahun 630 A.D, dia datang menemui Nabi SAW, masuk Islam dan meminta agar Rasullullah mengawininya. Akibatnya, banyaklah orang Makkah merasa terdorong untuk merima Islam dan nabi SAW.

12. MARIA AL-QABTIYYA: Dia awalnya adalah orang yang membantu menangani permasalahan dirumah Rasullullah yang dikirim oleh Raja Mesir. Dia sempat melahirkan seorang anak yang diberi nama Ibrahim. Ibrahim akhirnya meninggal pada umur 18 bulan. Tiga tahun setelah menikah, Nabi SAW meninggal dunia, dan Maria (thx buat Joan) akhirnya meninggal 5 tahun kemudian, tahun 16 A.H. Waktu itu, Umar bin Khatab yang menjadi Iman sholat Jenazahnya, dan kemudian dimakamkan di Al-Baqi.

KISAH  TAULADAN  NABI  MUHAMMAD  SAW
Di sudut pasar Madinah Al-Munawarah seorang pengemis Yahudi buta hari demi hari apabila ada orang yang mendekatinya ia selalu berkata “Wahai saudaraku jangan dekati Muhammad, dia itu orang gila, dia itu pembohong, dia itu tukang sihir, apabila kalian mendekatinya kalian akan dipengaruhinya”. Setiap pagi Rasulullah SAW mendatanginya dengan membawa makanan, dan tanpa berkata sepatah kata pun Rasulullah SAW menyuapi makanan yang dibawanya kepada pengemis itu walaupun pengemis itu selalu berpesan agar tidak mendekati orang yang bernama Muhammad. Rasulullah SAW melakukannya hingga menjelang Beliau SAW wafat. Setelah kewafatan Rasulullah tidak ada lagi orang yang membawakan makanan setiap pagi kepada pengemis Yahudi buta itu.
Suatu hari Abubakar r.a berkunjung ke rumah anaknya Aisyah r.ha. Beliau bertanya kepada anaknya, “anakku adakah sunnah kekasihku yang belum aku kerjakan”, Aisyah r.ha menjawab pertanyaan ayahnya, “Wahai ayah engkau adalah seorang ahli sunnah hampir tidak ada satu sunnah pun yang belum ayah lakukan kecuali satu sunnah saja”. “Apakah Itu?”, tanya Abubakar r.a. Setiap pagi Rasulullah SAW selalu pergi ke ujung pasar dengan membawakan makanan untuk seorang pengemis Yahudi buta yang berada di sana”, kata Aisyah r.ha.
Ke esokan harinya Abubakar r.a. pergi ke pasar dengan membawa makanan untuk diberikannya kepada pengemis itu. Abubakar r.a mendatangi pengemis itu dan memberikan makanan itu kepada nya. Ketika Abubakar r.a. mulai menyuapinya, si pengemis marah sambil berteriak, “siapakah kamu ?”. Abubakar r.a menjawab, “aku orang yang biasa”. “Bukan !, engkau bukan orang yang biasa mendatangiku”, jawab si pengemis buta itu. Apabila ia datang kepadaku tidak susah tangan ini memegang dan tidak susah mulut ini mengunyah. Orang yang biasa mendatangiku itu selalu menyuapiku, tapi terlebih dahulu dihaluskannya makanan tersebut dengan mulutnya setelah itu ia berikan pada ku dengan mulutnya sendiri”, pengemis itu melanjutkan perkataannya.
Abubakar r.a. tidak dapat menahan air matanya, ia menangis sambil berkata kepada pengemis itu, aku memang bukan orang yang biasa datang pada mu, aku adalah salah seorang dari sahabatnya, orang yang mulia itu telah tiada. Ia adalah Muhammad Rasulullah SAW. Setelah pengemis itu mendengar cerita Abubakar r.a. ia pun menangis dan kemudian berkata, benarkah demikian?, selama ini aku selalu menghinanya, memfitnahnya, ia tidak pernah memarahiku sedikitpun, ia mendatangiku dengan membawa makanan setiap pagi, ia begitu mulia…. Pengemis Yahudi buta tersebut akhirnya bersyahadat dihadapan Abubakar r.a.

Minggu, 18 Desember 2016

INI 11 UANG RUPIAH DESAIN BARU REPUBLIK INDONESIA

 
Ini 11 Uang Rupiah Desain Baru
Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Jakarta - Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan 11 desain baru rupiah yang terdiri dari 7 pecahan uang kertas dan 4 pecahan uang logam. Rupiah kertas yang diterbitkan terdiri dari nominal Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sementara rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100.

Desain uang baru ini sejalan dengan rencana BI menerbitkan uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hampir semua wajah pahlawan di uang tunai berganti, kecuali pecahan Rp 100.000.

Ini 11 Uang Rupiah Desain Baru 
Foto: Dok. Bank Indonesia


Pecahan Rp 100.000 tetap menampilkan wajah dua proklamator RI, yaitu Presiden dan Wakil Presiden pertama RI, Soekarno dan Mohammad Hatta.

"Rupiah adalah simbol kedaulatan negara yang wajib dihormati dan dihargai sesuai dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011. Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah dan wajib digunakan di seuruh Indonesia," jelas Gubernur BI, Agus Martowardojo, di Gedung Thamrin BI, Jakarta Pusat, Senin (19/12/2016).

Ini 11 Uang Rupiah Desain Baru 
Foto: Dok. Bank Indonesia


Bertepatan dengan Hari Bela Negara Indonesia, BI menerbitkan 11 desain baru rupiah yang terdiri dari 7 pecahan rupiah kertas dan 4 pecahan rupiah logam. Setelah diterbitkannya rupiah baru, maka uang rupiah yang sudah beredar di masyarakat masih berlaku dan masih bisa digunakan sebagai alat transaksi yang sah sampai BI menarik peredaran rupiah lama.

"Uang rupiah kertas dan logam yang telah dikeluarkan masih berlaku sepanjang belum dicabut dan ditarik peredaran oleh BI," kata Agus.

Ini 11 Uang Rupiah Desain Baru 
Foto: Dok. Bank Indonesia


Penggunaan gambar pahlawan pada rupiah baru juga sebelumnya sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Terima kasih Presiden Joko Widodo atas persetujuan pemerintah penggunaan gambar pahlawan ke rupiah baru," tutup Agus.

Ini 11 Uang Rupiah Desain Baru 
Foto: Dok. Bank Indonesia

Ini 11 Uang Rupiah Desain Baru 
Foto: Dok. Bank Indonesia

Ini 11 Uang Rupiah Desain Baru 
Foto: Dok. Bank Indonesia

Ini 11 Uang Rupiah Desain Baru 
Foto: Dok. Bank Indonesia

Ini 11 Uang Rupiah Desain Baru 
Foto: Dok. Bank Indonesia

Ini 11 Uang Rupiah Desain Baru 
Foto: Dok. Bank Indonesia

Ini 11 Uang Rupiah Desain Baru 
Foto: Dok. Bank Indonesia

Ini 11 Uang Rupiah Desain Baru 
Foto: Dok. Bank Indonesia
(wdl/wdl) 

 BI dan pemerintah baru saja menerbitkan uang rupiah desain baru. Ada 12 pahlawan yang fotonya terpampang di uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Buat yang belum kenal dengan para pahlawan dan jasa mereka terhadap bangsa, yuk kita lihat profilnya di sini seperti dikutip dari berbagai sumber, Rabu (21/12/2016).

Ini Dia Profil Para Pahlawan di Uang Rupiah BaruFoto: Dok. Bank Indonesia

Pecahan Rp 100.000
Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta
Siapa yang tidak kenal dengan dua proklamator Indonesia ini, namanya bisa ditemui di banyak kota di Indonesia. Soekarno merupakan Presiden RI yang pertama, sedangkan Hatta adalah wakilnya.

Pecahan Rp 50.000
Ir. H Djuanda Kartawidjaja
Pria kelahiran Tasikmalaya 14 Januari 1911 ini memberikan sumbangan terbesar kepada bangsa melalui Deklarasi Djuanda tahun 1957, yang menyatakan bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI. Ini dikenal dengan sebutan sebagai negara kepulauan dalam konvensi hukum laut United Nations Convention on Law of the Sea (UNCLOS).

Anak pertama pasangan Raden Kartawidjaja dan Nyi Monat ini juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia ke-10 sekaligus yang terakhir, dan Menteri Keuangan dalam Kabinet Kerja I.

Ini Dia Profil Para Pahlawan di Uang Rupiah BaruFoto: Dok. Bank Indonesia

Pecahan Rp 20.000
Dr. G. S. S. J. Ratulangi
Pria kelahiran Sulawesi ini adalah seorang aktivis kemerdekaan Indonesia yang menjadi gubernur pertama Sulawesi. Ia meninggal di Jakarta dalam kedudukan sebagai tawanan musuh pada tanggal 30 Juni 1949 dan dimakamkan di Tondano.

Ia dikenal dengan filsafatnya: "Si tou timou tumou tou" yang artinya: manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia.

Pecahan Rp 10.000
Frans Kaisiepo
Pria berdarah Papua ini terlibat dalam Konferensi Malino tahun 1946 yang membicarakan mengenai pembentukan Republik Indonesia Serikat sebagai wakil dari Papua. Ia mengusulkan nama Irian, kata dalam bahasa Biak yang berarti beruap. Ia juga pernah menjabat sebagai Gubernur Papua pada 1964-1973.

Pecahan Rp 5.000
Dr. KH. Idham Chalid
Guru Besar Nahdatul Ulama ini pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Indonesia pada Kabinet Ali Sastroamidjojo II dan Kabinet Djuanda. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua MPR dan Ketua DPR. Selain sebagai politikus ia aktif dalam kegiatan keagamaan dan ia pernah menjabat Ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama pada tahun 1956-1984.

Ini Dia Profil Para Pahlawan di Uang Rupiah BaruFoto: Dok. Bank Indonesia

Pecahan Rp 2.000
Mohammad Hoesni Thamrin
Perintis Revolusi Kemerdekaan Indonesia ini merupakan politisi nasional era Hindia Belanda. Thamrin lahir di Weltevreden, Batavia (sekarang Jakarta), dari ayah seorang Belanda dengan ibu Betawi.

Ia dikenal sebagai salah satu tokoh Betawi (dari organisasi Kaoem Betawi) yang pertama kali menjadi anggota Volksraad (Dewan Rakyat), mewakili kelompok Inlanders (pribumi). Thamrin juga salah satu tokoh penting dalam dunia sepak bola Hindia Belanda karena pernah menyumbang 2.000 Gulden di 1932 untuk mendirikan lapangan sepak bola khusus untuk rakyat Hindia Belanda pribumi yang pertama kali di daerah Petojo, Batavia.

Pecahan Rp 1.000 kertas
Cut Meutia
Wanita kelahiran Aceh 1870 ini melakukan perlawanan terhadap Belanda di banyak pertempuran, salah satunya di pertempuran dengan Korps Marechausée di Paya Cicem. Ia menyerang dan merampas pos-pos kolonial sambil bergerak menuju Gayo melewati hutan belantara.

Pada tanggal 24 Oktober 1910, Tjoet Meutia bersama pasukannya bentrok dengan Marechausée di Alue Kurieng. Dalam pertempuran itu Tjoet Njak Meutia gugur.

Pecahan Rp 1.000 logam
Mr. I Gusti Ketut Pudja
Tokoh penentu NKRI ini ikut serta dalam perumusan negara Indonesia melalui Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia mewakili Sunda Kecil (saat ini Bali dan Nusa Tenggara).

Ia juga hadir dalam perumusan naskah teks proklamasi di rumah Laksamana Maeda. Ia kemudian diangkat Soekarno sebagai Gubernur Sunda Kecil. Pada tahun 2011, I Gusti Ketut Pudja ditetapkan pahlawan nasional.

Ini Dia Profil Para Pahlawan di Uang Rupiah BaruFoto: Dok. Bank Indonesia

Pecahan Rp 500 logam
Letjen TNI T.B. Simatupang
Pria berdarah batak ini pernah ditunjuk Presiden Soekarno sebagai Kepala Staf Angkatan Perang Republik Indonesia (KASAP) setelah Panglima Besar Jenderal Soedirman wafat pada tahun 1950.

Ia menjadi KASAP hingga tahun 1953. Jabatan KASAP secara hirarki organisasi pada waktu itu berada di atas Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala Staf Angkatan Laut, Kepala Staf Angkatan Udara dan berada di bawah tanggung jawab Menteri Pertahanan.


Pecahan Rp 200 logam
Dr. Tjipto Mangunkusumo
Pria kelahiran Jepara ini merupakan tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia. Bersama dengan Ernest Douwes Dekker dan Ki Hajar Dewantara ia dikenal sebagai "Tiga Serangkai" yang banyak menyebarluaskan ide pemerintahan sendiri dan kritis terhadap pemerintahan penjajahan Hindia Belanda.

Ia adalah tokoh dalam Indische Partij, suatu organisasi politik yang pertama kali mencetuskan ide pemerintahan sendiri di tangan penduduk setempat, bukan oleh Belanda. Pada tahun 1913 ia dan kedua rekannya diasingkan oleh pemerintah kolonial ke Belanda akibat tulisan dan aktivitas politiknya, dan baru kembali 1917.


Pecahan Rp 100 logam
Prof. Dr. Ir. Herman Johannes
Pria kelahiran Rote ini merupakan cendekiawan, politikus, ilmuwan Indonesia, guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM). Meski lebih banyak dikenal sebagai pendidik dan ilmuwan, Herman Johannes tercatat pernah berkarier di bidang militer.

Pada tahun 1946 Herman Johannes diminta membangun sebuah laboratorium persenjataan bagi TNI. Laboratorium Persenjataan yang terletak di bangunan Sekolah Menengah Tinggi (SMT) Kotabaru ini selama perang kemerdekaan berhasil memproduksi bemacam bahan peledak, seperti bom asap dan granat tangan.

Keahlian Herman Johannes sebagai fisikawan dan kimiawan ternyata berguna untuk memblokade gerak pasukan Belanda selama clash I dan II. Bulan Desember 1948, Letkol Soeharto sebagai Komandan Resimen XXII TNI yang membawahi daerah Yogyakarta meminta Herman Johannes memasang bom di jembatan kereta api Sungai Progo. Karena ia menguasai teori jembatan saat bersekolah di THS Bandung, Johannes bisa membantu pasukan Resimen XXII membom jembatan tersebut.

Selasa, 06 Desember 2016

KUBRA DAGLI, HIJABER CANTIK PERAIH MEDALI EMAS DI KEJUARAAN TAEKWONDO DUNIA

 Arina Yulistara - wolipop
 
Turki - Wanita berhijab muda tahun ini banyak yang berprestasi di dunia olahraga. Salah satunya Kubra Dagli, hijabers cantik berdarah Turki yang berhasil meraih medali emas di kejuaraan taekwondo dunia.
Kubra Dagli, Hijabers Cantik Peraih Medali Emas di Kejuaraan Taekwondo Dunia
Dilansir dari The Independent, wanita berusia 20 tahun itu mendapat pujian dan apresiasi tinggi terutama dari masyarakat Turki. Kubra berhasil mendapatkan medali emas di kejuaraan taekwondo dunia World Championships yang digelar di Lima, Peru.
Kubra Dagli, Hijabers Cantik Peraih Medali Emas di Kejuaraan Taekwondo DuniaFoto: Instagram

Kemenangan Kubra sempat menjadi sorotan dunia dan diperbincangkan di media massa. Banyak yang mengatakan bahwa hijab bukan menjadi penghalang Kubra untuk berprestasi di bidangnya. Namun ada pula yang tidak suka dengan keberhasilan wanita berkulit putih itu.

Beberapa orang yang tidak suka akan kemenangannya pun berkomentar buruk kepadanya. Ada yang mengatakan seharusnya wanita berhijab tidak melakukan gerakan dalam taekwondo karena kurang pantas dilihat.

"Kenapa kamu menutupi kepalamu tapi kamu 'membuka' kakimu di setiap posisi? Kamu seharusnya buka saja hijabmu agar lebih pantas. Semoga Allah membuka pikiranmu," kritik salah satu responden yang kontra dengannya.

Sebagian orang lainnya pun menyarankan Kubra agar sebaiknya di rumah saja. Lebih baik menjadi juara Al Quran daripada bermain taekwondo. Mendengar banyak kritik pedas yang dilontarkan kepadanya, Kubra tidak terlalu peduli karena ia hanya ingin membuktikan bahwa dirinya bisa mengharumkan nama negaranya di ajang internasional.

"Mereka tidak membicarakan keberhasilanku tapi jilbabku. Bagiku kesuksesan kita harus dibanggakan. Aku dan tim berusaha sebaik mungkin. Kita membuat negara kita menjadi juara dunia. Ini adalah kebanggaan kita bersama," ujarnya.

Sebelum mengikuti kejuaraan taekwondo internasional tersebut, Kubra mengatakan sudah mengajukan izin terlebih dahulu ke badan-badan olahraga internasional. Sebelum diizinkan memakai jilbab seperti sekarang, Kubra pernah hanya boleh memakai bandana untuk menutupi rambutnya ketika mengikuti kejuaraan di 2013.

Menurut Kubra, tantangan terbesar dari olahraga taekwondo bukanlah pandangan orang mengenai jilbabnya. Namun bagaimana ia bisa terus rutin latihan dalam berbagai kondisi termasuk di bulan Ramadan.

"Bulan Ramadan umat Islam berpuasa dan kita tidak diizinkan makan-minum di siang hari. Itu menjadi tantangan tebesarku selama latihan taekwondo," tambah wanita yang berdomisili di Istanbul tersebut.

(ays/ays)

Share 0 Tweet Share 0 2 komentar